BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Peranan anggota dalam sebuah organisasi memiliki porsi
yang krusial dalam menciptakan
keberhasilan tujuan organisasi, sama halnya dengan keberadaan karyawan
dalam sebuah perusahaan yang sangat menentukan arah tujuan perusahaan. Sebuah
hasil kerja akan tercapai tentunya dengan keunggulan utama yang dimunculkan
dari peranan sumberdaya yang ada dalam perusahaan itu sendiri, termasuk standar mutu yang telah ditetapkan.
Hal ini dapat terlaksana dan berhasil dengan konsekuensi visi dan misi
organisasi benar-benar dilakukan secara baik oleh sumberdaya yang kompeten.
Performance Management adalah suatu
proses berkesinambungan pada pengidentifikasian, pengukuran dan pengembangan
kinerja individu dan tim serta keselarasan kinerja tersebut dengan tujuan
strategic perusahaan/organisasi (Aguins,2009). Pada umumnya, masing-masing
Perusahaan memiliki setting goals
yang berbeda. Arah pencapaian tujuan ini tertuang dalam visi dan misi melalui
proses yang disebut strategic planning,
Strategic planning memberikan arahan dan batasan mengenai apa yang harus
dicapai oleh perusahaan dan bagaimana mencapainya.
Menurut Aguins (2011), bahwa
performance management tidak memiliki peranan penting tanpa adanya strategic
planning. Hal tersebut dikarenakan karena strategic planning menetapkan arah
dan tujuan perusahaan yang mendorong langkah upaya tertentu yang akan berproses
dalam performance management. Strategic Planning dapat dijadikan alat pedoman
bagi karyawan dalam aktivitas hariannya karena mengidentifikasi perilaku dan
hasil di kondisi nyata serta menjadi informasi kritikal dalam performance
management system. Dengan adanya Strategic Planning maka keinginan Perusahaan
dalam mencapai keberhasilan tujuannya lebih terstruktur dan mudah dalam
penerapan visi misinya.
1.2 Profil Perusahaan
PT. Bank
Sahabat Sampoerna secara resmi berdiri pada tanggal 9 Mei 2012 serta merupakan
bagian dari Sampoerna Financial Group dengan kantor pusat terletak di Gedung
Sampoerna Strategic Square Jakarta. Sampoerna Financial Group merupakan salah
satu dari lainnya Sampoerna Strategic Subsidiaries, yang terdiri dari ; PT.
Sampoerna Agro Tbk, Samko Timber Limited, PT Buana Sakti, PT Sampoerna Padi, PT
Sampoerna Bio Energi, PT Sampoerna Telekom,termasuk juga Organisasi Afiliasinya
yakni Sampoerna Foundation.
PT Bank
Sahabat Sampoerna hadir dengan pelayanan perbankan seperti pada umumnya,
sebagai bagian dari Group Sampoerna ,Bank Sahabat Sampoerna memiliki keuntungan
atau kekuatan untuk memanfaatkan bisnis group perusahaan yaitu rantai bisnis
group perusahaan. Sejak berdirinya Bank Sahabat Sampoerna, proses manajemen
terpusat masih terus dikoordinasi untuk menetapkan beberapa line division
sumber daya manusia yang nantinya akan mengisi posisi jabatan sesuai tanggung
jawab kerjanya. Selama proses akuisi dan koordinasi Bank, beberapa aktifitas
dilakukan diantaranya tim Human Capital mengadakan program rekruitmen karyawan
melalui dua jalur,yakni; program recruitment MDP (management development
program)yang merekrut fresh graduated untuk dididik values,on the job training
selama 9 bulan;kemudian dengan pro hire karyawan dari Bank lain sesuai
kebutuhan dan qualified.
Tahun 2012
sejak diresmikannya Bank Sahabat Sampoerna, telah memiliki 7 cabang di Jakarta
dan 2 cabang di Sumatera tepatnya Medan dan Pekanbaru, menginjak akhir tahun 2
cabang dibuka,diantaranya di kota Surabaya dan Palembang. Perusahaan terus
bertumbuh dengan asset telah mencapai sekitar Rp1,2 Triliun per awal tahun
2013,hal ini secara langsung membutuhkan sumber daya yang tepat sesuai dengan
corporate values untuk mengisi dan mencapai tujuan perusahaan, sesuai dengan
pernyataan CEO (Bpk. Indra Supriadi) yang menyatakan “ Penerapan Budaya Kerja
yang konsisten dari setiap individu di Sampoerna Financial Group merupakan
suatu investasi dan pondasi keberadaan Sampoerna Financial Group jangka
panjang. Perusahaan memiliki nilai-nilai Budaya,diantaranya : Iman dan Taqwa,
persaudaraan, kerja-keras, kehati-hatian, kualitas, integritas.
Sebagai Bank umum, Bank Sahabat
Sampoerna focus kepada segment Small business baik dari sisi asset maupun
liabilities . Produk dan jasa perbankan Bank Sahabat Sampoerna pada umumnya
sama dengan perbankan lainnya namun memiliki type sendiri,yakni : Produk
Pendanaan(Giro,Tabungan,Deposito Berjangka); Produk Jasa(Inkaso,Kiriman Uang,
Kliring); Produk Pinjaman(Modal kerja, Investasi, Konsumtif, Bank Garansi)
BAB II
PEMBAHASAN
- Jabatan yang akan dianalisa
adalah salah satu jabatan dalam fungsi Marketing Credit di Sales and
Distribution Department sebagai Account Officer. Area kerjanya adalah
mengenal sifat market sesuai segmentasi Bank, melakukan penjualan produk
Bank disertai proses kredit, maintenance nasabah sesuai ketentuan yang
telah digariskan oleh manajemen.
Business Directorate
PT. BANK SAHABAT SAMPOERNA
- Strategic plan (Mission, Vision,
Value and Strategies) perusahaan maupun department, dapat diuraikan
sebagai berikut.
Strategic Plan
Perusahaan
Mission : Memberdayakan masyarakat dengan
memberikan kesempatan dan dukungan agar berhasil di sektor usaha mikro kecil dan
menengah.
Vission : Menjadi institusi keuangan pilihan
masyarakat dengan fokus pada sektor usaha mikro kecil dan menengah yang
memberikan pelayanan yang amanah dan profesional.
Values : Pertumbuhan berkelanjutan sebagai
puncak tujuan dengan didukung oleh 4
pilar value yakni; kerja keras, kehati-hatian, kualitas, integritas.
Persaudaraan disertai iman dan taqwa dalam menjalankan aktifitas perusahaan.
Penerapan Corporate Values :
·
Meeting
Regular
·
Doa
Bersama, Ikrar Sahabat dan lagu penyemangat SFG
·
Potluck
& Dana Taktis
·
Circle
Time (informal sharing)
·
Sahabat
Club (olah raga dan kesenian)
·
Serving
Day (Kunjungan ke nasabah ikut proses bisnis)
·
Integrity
Day (Acara peandatanganan komitmen oleh karyawan untuk melaksanakan integritas
secara terus menerus di SFG)
·
Staff
Outbound
Untuk dapat mengamalkan nilai-nilai perusahaan dalam
keseharian kerja diperlukan perilaku-perilaku yang mampu mengarahkan tindakan
kita ,perilaku-perilaku tersebut kemudian dirumuskan kedalam 6 perilaku sahabat
diantaranya ; Ramah, Jujur, Selalu bisa, Proaktif, Mampu memberi solusi,
Komunikasi Efektif.
GOALS
Goal Umum
Menjadi
lembaga keuangan pilihan masyarakat dengan 1 juta nasabah di tahun 2015 dengan
NPL dibawah 2% serta menjadikan asset 10 T Rupiah.
Strategi : Penerapan values di tiap aktifitas Bank
Contoh : Dalam
melakukan penjualan produk Bank khususnya pinjaman kredit harus tetap
mengutamakan prinsip kehati-hatian plus edukasi kepada nasabah.
Strategic Plan
Department
Department : Sales and
Distribution
Mission : Memenuhi target keuntungan perusahaan
dengan produk kita yang berkembang
Menyusul akan diterapkannya e-banking
dan juga dengan fasilitas yang telah dimiliki sebelumnya diantaranya ATM dll.
Mendapatkan banyak debitur yang menggunakan
fasilitas Bank merata diseluruh cabang Bank Sahabat Sampoerna dengan distribusi
pencapaian target lending dan funding yang maksimal.
Menjaga NPL , RR, dan LDR tetap pada
porsi yang aman dan menguntungkan.
Vission : Sahabat Sampoerna melayani nasabah
dengan value yang tinggi dan dengan brand yang makin bertumbuh kedepannya
,sehingga menjadi pilihan lembaga keuangan masyarakat.
Untuk mencapai itu
semua, dalam departemen SnD distribusi pelaporan target, koordinasi tim marketing , serta evaluasi harus tetap
ditingkatkan perkembangannya. Account Officer sebagai pejuang lending tetap
melaksanakan beberapa aktifitas dan pelaporan penjualan produk lending Bank
sesuai Job description AO(terlampir), termasuk diantaranya;
·
pengisian
DSAR ( Daily Sales Activity Report )
·
pengisian
BPSL mingguan
·
pengisian
Monitoring board
contoh : terlampir
0 komentar:
Posting Komentar