Sabtu, 10 Mei 2014
CASE : INTERNAL CONSISTENCY AT CUSTOMER FIRST
Customer First adalah perusahaan
penyedia jasa customer service untuk perusahaan lain. Perusahaan kecil menengah memanfaatkan tenaga outsourcing pada Customer first, yang
melayani pelanggannya melalui call center dan juga via online customer service center.
Perusahaan ini berkembang dengan cepat dalam 5 tahun sejak Joan memulai
usahanya dan sekarang mempekerjakan lebih dari 150 customer service
representatives (CSRs) dan staf pendukung lainnya.
Deborah,
(Director of Human Resource di Customer First) mengidentifikasi adanya
permasalahan yang bersumber dari sistem kompensasi perusahaan yang menggunakan
rerata gaji di pasar. Banyak komplain berasal dari supervisor yang merasa tidak
adil dalam penggajian CSRs, karena dengan pekerjaan yang sama, mendapatkan gaji
berbeda yang disesuaikan rerata gaji pada umumnya saat itu. Ketidakadilan
tersebut akan berdampak pada tingkat turnover.
Setelah berbicara dengan supervisor, Deborah mempelajari perbedaan tingkat
tanggungjawab dan keahlian, meskipun bidang pekerjaan sama. Deborah yakin bahwa
dengan analisis pekerjaan dan evaluasi pekerjaan dibutuhkan untuk membentuk
struktur kompensasi yang konsisten secara internal.
Akan
tetapi, ketika Deborah mengajukan usulnya kepada atasnnya, Joan tidak setuju
dengan usulnya. Joan menganggap sistem itu akan menghambat kemampuan perusahaan
menjadi fleksibel di pasar, dan mengkonsumsi banyak waktu serta keterlibatan
banyak staf. Joan merasa lebih baik bila menggunakan waktu tersebut untuk hal
lain, misalnya merekrut staff baru.
DISKUSI :
1.
Apakah Job Analisis
dan Job Evaluation akan bermanfaat untuk Customer First?
Tentu saja. Walau bagaimanapun, sebuah perusahaan akan
lebih terarah dengan memiliki Job Analysis dan Job Evaluation.
2.
Apa
pendapat Anda mengenai pandangan Joan tentang Job Analysis dan Job Evaluation??
Setiap pimpinan perusahaan
(utamanya pendiri) akan menginginkan apa yang terbaik bagi perusahannya. Selama
lebih dari lima tahun sejak Joan mendirikan perusahaan, semuanya berjalan baik.
Joan tidak merasakan ada yang kurang dalam operasional perusahaannya.
Namun...........................
3.
Apa
yang akan Anda rekomendasikan untuk dilakukan Customer First??? Mengapa???
Deborah
.......................................
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar