Senin, 26 Mei 2014
CASE STUDY 3-4 Performance Management : Linking Performance Management to Strategy at Procter & Gamble
Procter & Gamble (P&G) adalah perusahaan
terbesar dalam pangsa produk konsumen yang memiliki strategi : “P&G appeals
to the heart and casres about human needs” maksudnya, upaya P&G untuk merasakan
dengan nuraninya dan meningkatkan taraf kehidupan konsumennya di seluruh dunia.
Contohnya adalah inovasi yang dilakukan Gillete’s
Himalaya Team, yang berfokus di India namun basis grup tersebut di Boston,
Amerika Serikat. Tim tersebut menerima pernyataan mengenai bagaimana cara orang
India bercukur : Setengah dari mereka menggunakan tukang cukur. Biasanya tukang
cukur tersebut menggunakan dua belah pisau bermata dua yang digunakan berulang-ulang
yang mengakibatkan kondisi yang tidak higienis.
Dengan tujuan strategis untuk meningkatkan taraf
kehidupan pelangganya, tim tersebut kemudian menciptakan inovasi yang
menuyederhanakan fitur pisau cukur yang umumnya ada di tempat tukang cukur. Produk
tersebut sangat sukses untuk meningkatkan kondisi konsumen dan profitabilitas
perusahaan.
Contoh selanjutnya adalah situasi P&G di
Brazil, dimana P&G takut akan penurunan volume bisnisnya. Pendapatan
konsumen yang rendah adalah situase tercepat untuk tumbuh, namun produk premium
P&G tidak terjangkau untuk segmen ini. Tim lokal P&G memutuskan untuk
hidup dengan sebuah keluarga, kemudian meneliti tiap proses yang ada di P&G
untuk mengurangi biaya dan kemudian menciptakan inovasi lini produk baru yang
diberi nama “basico” yang berarti “penting” dalam bahasa Portugis yang umum
dipakai di Brazil.
Tim tersebut merasa melakukan hal yang baik bagi
perusahaan, tidak hanya mengjasilkan keuntungan bagi perusahaan. Permintaan
melampaui penawaran ketika Basico pertama kali diluncurkan, bersamaan dengan
perlengkapan wanita lain seperti pembalut, popok dan deterjen ramah linkungan.
Perusahaan segera menangkap pangsa pasar melalui toko kelontong kecil di
dekatnya dan produk premium segera , namun juga terangkat.
Bisnis di Brazil kemudian menjadi model
pertumbuhan global yang menguntungkan, lalu diluncurkan “Tide Basic” di Amerika
Serikat.
Strategi P&G menginspirasi karyawan untuk
menggunakan nuraninya untuk berpikir dan bertujuan untuk menemukan solusi
kreatif ketika kesempatan yang digabungkan dengan inspirasi dan komersil
tampaknya bertabrakan.
Ø Bayangkan bila Anda adalah eksekutif P&G.
Berikan orientasi perusahaan yang strategis terhadap tujuan dan nilai apa yang
akan Anda lakukan utnuk membantu mengarahkan performa baru manajemen dengan
rencana strategis?
Ø Bagaimana menjelaskan hubungan ini?
Apa yang akan Anda katakan dan lakukan untuk garner company-wide support
untuk sistem performance management Anda?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar