Senin, 26 Mei 2014

CASE STUDY 3-4 Performance Management : Linking Performance Management to Strategy at Procter & Gamble


Procter & Gamble (P&G) adalah perusahaan terbesar dalam pangsa produk konsumen yang memiliki strategi : “P&G appeals to the heart and casres about human needs” maksudnya, upaya P&G untuk merasakan dengan nuraninya dan meningkatkan taraf kehidupan konsumennya di seluruh dunia.
Contohnya adalah inovasi yang dilakukan Gillete’s Himalaya Team, yang berfokus di India namun basis grup tersebut di Boston, Amerika Serikat. Tim tersebut menerima pernyataan mengenai bagaimana cara orang India bercukur : Setengah dari mereka menggunakan tukang cukur. Biasanya tukang cukur tersebut menggunakan dua belah pisau bermata dua yang digunakan berulang-ulang yang mengakibatkan kondisi yang tidak higienis.
Dengan tujuan strategis untuk meningkatkan taraf kehidupan pelangganya, tim tersebut kemudian menciptakan inovasi yang menuyederhanakan fitur pisau cukur yang umumnya ada di tempat tukang cukur. Produk tersebut sangat sukses untuk meningkatkan kondisi konsumen dan profitabilitas perusahaan.
Contoh selanjutnya adalah situasi P&G di Brazil, dimana P&G takut akan penurunan volume bisnisnya. Pendapatan konsumen yang rendah adalah situase tercepat untuk tumbuh, namun produk premium P&G tidak terjangkau untuk segmen ini. Tim lokal P&G memutuskan untuk hidup dengan sebuah keluarga, kemudian meneliti tiap proses yang ada di P&G untuk mengurangi biaya dan kemudian menciptakan inovasi lini produk baru yang diberi nama “basico” yang berarti “penting” dalam bahasa Portugis yang umum dipakai di Brazil.
Tim tersebut merasa melakukan hal yang baik bagi perusahaan, tidak hanya mengjasilkan keuntungan bagi perusahaan. Permintaan melampaui penawaran ketika Basico pertama kali diluncurkan, bersamaan dengan perlengkapan wanita lain seperti pembalut, popok dan deterjen ramah linkungan. Perusahaan segera menangkap pangsa pasar melalui toko kelontong kecil di dekatnya dan produk premium segera , namun juga terangkat.
Bisnis di Brazil kemudian menjadi model pertumbuhan global yang menguntungkan, lalu diluncurkan “Tide Basic” di Amerika Serikat.
Strategi P&G menginspirasi karyawan untuk menggunakan nuraninya untuk berpikir dan bertujuan untuk menemukan solusi kreatif ketika kesempatan yang digabungkan dengan inspirasi dan komersil tampaknya bertabrakan.
Ø  Bayangkan bila Anda adalah eksekutif P&G. Berikan orientasi perusahaan yang strategis terhadap tujuan dan nilai apa yang akan Anda lakukan utnuk membantu mengarahkan performa baru manajemen dengan rencana strategis?
Ø  Bagaimana menjelaskan hubungan ini?
Apa yang akan Anda katakan dan lakukan untuk garner company-wide support untuk sistem performance management Anda?

0 komentar:

Posting Komentar