Rabu, 30 April 2014

Resume Chapter 12 : COMPENSATING EXECUTIVE


Perbedaan Kompensasi Pegawai Eksekutif dan Non-eksekutif
Dari sudut pandang ekonomi, CEO adalah penjual layanan, sedangkan yang membeli adalah komite kompensasi. Dalam teori ekonomi klasik, harga yang mungkin diperoleh melalui negosiasi antara penjual dan pembeli. CEO dapat merekrut konsultan kompensasi yang nantinya akan memberikan kebijakan kompensasi bagi CEO itu sendiri. Ada sebuah konflik kepentingan yang akan muncul di sini, konsultan merasa terbebani karena tekanan dari CEO untuk melindungi kepentingan finansialnya. Sedangkan ironisnya, konsultan sering dipandang sebagai perwakilan untuk kepentingan pemegang saham.
Banyak perbedaan antara pegawai eksekutif dan non eksekutif dalam hal pemberian kompensasi, disparitas pendapatan antara pegawai eksekutif dan non eksekutif sangat mencengangkan.
Prinsip Kompensasi Eksekutif : Implikasi Strategi Kompetitif
Eksekutif merupakan pemimpin tertinggi sebuah perusahaan, sehingga sangat mungkin mereka mendapatkan paket kompensasi substansial. Selain itu, keahlian dan pengalaman mereka memungkinkan mereka untuk mengembangkan dan mengarahkan implementasi strategi kompetitif.
Definisi Status Eksekutif
Menurut perspektif pengaturan pajak, Internal Revenue Service (IRS), menggunakan istilah untuk dua kelompok pegawai yang memainkan peranan penting dalam kebijakan keputusan perusahaan, yaitu pegawai yang digaji tinggi dan pegawai kunci.
Pegawai kunci yaitu pegawai yang mempunyai 5% kepemilikan perusahaan; 1% kepemilikan perusahaan yang mempunyai gaji tahunan dari perusahaan lebih dari $160,000; pegawai yang mempunyai penghasilan tahunan lebih dari $160.000.
Pegawai yang digaji tinggi yaitu pegawai yang mempunyai ciri sebagai berikut :
a.       Pemilik 5% perusahaan dalam tahun ini atau sebelumnya
b.      Sebelumnya mempunyai kompensasi dari perusahaan melebihi $110.000
c.       Jika perusahaan memilih aplikasi ketentuan untuk rencana tahunan, pegawai ini masuk dalam kelompok yang digaji tinggi untuk tahun sebelumnya.
Paket Kompensasi Eksekutif  
Kompensasi eksekutif terdiri dari dua elemen, yaitu kompensasi dan tunjangan atau benefit, seperti pegawai pada umumnya. Tetapi, satu perbedaan yaitu paket kompensasi eksekutif menekankan pada reward yang bersifat jangka panjang. Komponen utama kompensasi eksekutif antara lain:
a.       Kompensasi pokok tahunan
b.      Kompensasi pokok yang ditangguhkan : kompensasi saham
c.       Kompensasi pokok yang ditangguhkan : golden parachutes dan platinum parachutes
d.      Benefit pegawai : program perlindungan yang ditingkatkan dan perkuisit/ penghasilan tambahan
e.       Clawback provisions
Komponen Kompensasi Pokok
a.       Gaji pokok
Merupakan elemen tetap kompensasi tunai tahunan yang diterima. Perusahaan yang menggunakan struktur penggajian formal tentunya sudah menetapkan tingkat dan jangkauan gaji untuk semua pegawai. Gaji pokok tahunan sering mencerminkan bagian kecil dari total kompensasi dengan dua alasan. Pertama, secara khusus butuh waktu bertahun-tahun sebelum hasil inisiatif stratejik CEO disadari. Kedua, IRS membatasi jumlah gaji tahunan perusahaan mengecualikan sebagai pengeluaran bisnis.
b.      Bonus
Empat jenis bonus yang umum diberikan kepada pegawai eksekutif yaitu :
1.      Discretionary bonus
Bonus yang diterima berdasarkan keuntungan perusahaan, kondisi finansial perusahaan, kondisi bisnis, dan prospek masa depan.
2.      Performance-contingent bonus
Bonus yang diterima berdasarkan perolehan kriteria kinerja secara spesifik, sama seperti sistem penilaian yang digunakan untuk menentukan peningkatan merit atau review kinerja secara umum.
3.      Predetermined bonus
Faktor sentral untuk menentukan ukuran total bonus dan jumlah bonus adalah keuntungan perusahaan.
4.      Target plan bonus
Bonus yang terkait dengan kinerja eksekutif. Jika kinerja eksekutif di bawah standar atau di bawah target yang ditentukan, maka ia tidak dapat menerima bonus ini.
c.       Insentif jangka pendek
Insentif ini diberikan untuk menilai berlangsungnya proses pemenuhan tujuan strategis kompetitif.
Komponen Kompensasi yang Ditangguhkan
a.       Kompensasi saham
Merupakan persetujuan antara pegawai dan perusahaan untuk memberikan pembayaran kepada pegawai di waktu setelahnya (masa depan). Enam bentuk kompensasi saham yang ditangguhkan, antara lain : incentive stock options, nonstatutory stock options, restricted stock, phantom stock plans, discount stock options dan stock appreciation rights.
b.      Golden parachutes
Merupakan gaji dan benefit yang diberikan kepada eksekutif setelah terminasi yang dihasilkan dari perubahan kepemilikan korporasi, dimana merger kombinasi dua perusahaan yang terpisah.
c.       Platinum parachutes
Merupakan award yang diberikan perusahaan untuk mengakhiri masa kerja eksekutif, berupa pembayaran, benefit yang berkelanjutan, dan opsi saham.
d.      Clawback provisions
Provisi dalam kontrak kerja CEO memperbolehkan direktur mencabut kompensasi berdasarkan kinerja jika tujuan kinerja tidak terpenuhi.
Benefit Pegawai
a.       Program perlindungan
Asuransi jiwa suplemental dan rencana pensiun  suplemental eksekutif membedakan program perlindungan antara pegawai eksekutif dan pegawai lainnya. Tujuan perusahaan memberikan asuransi jiwa yaitu, pertama, meningkatkan nilai harta milik eksekutif untuk diwariskan jika dia meninggal. Kedua, program asuransi jiwa ini memberikan perlakuan pajak yang baik bagi eksekutif. Program pensiun suplemental didesain untuk menyimpan benefit terbatas pada rencana terkualifikasi.
b.      Perkuisit  
Merupakan bagian integral kompensasi eksekutif, yang mencakup sebagian besar benefit, dari makan siang gratis sampai penggunaan jet perusahaan secara gratis. Perkuisit mempunyai dua tujuan, yang pertama benefit ini mengakui status yang diperoleh eksekutif. Kedua, eksekutif menggunakan tunjangan tersebut untuk kenyamanan pribadi atau alat perusahaan untuk melakukan bisnis.

Prinsip dan Proses untuk Menetapkan Kompensasi Eksekutif
Terdapat tiga teori alternatiF yang menjelaskan prinsip dan proses dalam menetapkan kompensasi eksekutif, yaitu: agency theory, tournament theory, dan social comparison theory.
Pemain Kunci dalam Menetapkan Kompensasi Eksekutif
Konsultan kompensasi eksekutif, biasanya mengajukan beberapa rekomendasi untuk alternatif paket pembayaran, konsultan kompensasi eksekutif sering bekerja pada perusahaan konsultan besar yang menspesialisasi dalam kompensasi eksekutif atau manajemen perusahaan advise pada berbagai masalah isu yang lebar.  Konsultan membuat rekomendasi mengenai apa dan berapa yang dilibatkan dalam pake kompensasi eksekutif berdasarkan analisis strategi, dimana memerlukan pemeriksaan konteks pasar eksternal perusahaan dan faktor internal.
Direksi, direksi menggambarkan kepentingan pemegang saham dengan menimbang pro dan kontra dari keputusan eksekutif atas. Anggota dalam direksi yaitu CEO dan ekskutif atas dari perusahaan sukses lainnya dll. Direksi memberikan persetujuan akhir dari rekomendasi komite kompensasi.
Komite kompensasi, anggota direksi di dalam dan di luar perusahaan membuat komite kompensasi perusahaan, direksi dari luar perusahaan melayani komite kompensasi untuk meminimalkan konflik dari kepentingan. Komite kompensasi melakukan tiga tugas, yaitu: meninjau rekomendasi konsultan alternative untuk paket kompensasi; anggota komite kompensasi mendiskusikan aset dan tanggung jawab dari rekomendasi; berdasarkan musyawarah, komite merekomendasikan pengajuan terbaik dari proposal pada direksi sebagai pertimbangan.
Penjelasan Teori untuk Menetapkan Kompensasi Eksekutif
Agency theory, kepemilikan dibagi kepada banyak pemilik saham pada perusahaan besar dalam teori agen pemegang saham mendelegasikan kontrol pada eksekutif atas untuk mewakili kepentingan pemilik. Sebagai hasilnya eksekutif biasanya tidak memiliki kepentingan yang sama seperti pemegang saham. Fitur ini membuat adanya kemungkinan eksekutif mencari aktivitas yang memberikan manfaat pada mereka sendiri daripada pemegang saham. Hal itu juga disebut dengan permasalahan agen.
Tournament theory, memberikan keuntungan dengan kompensasi eksekutif sebagai hadiah dalam beberapa turnamen antara manajer menengah dan atas dimana berkeinginan menjadi CEO.
Social comparison theory, menurut teori ini individu membutuhkan evaluasi untuk prestasi mereka, dengan membandingkan mereka dengan individu lain. Dasar yang biasa digunakan yaitu karakteristik demografik dan pekerjaan masing- masing.
Aturan Pembukaan Kompensasi Ekskutif
Perusahaan yang menjual dan menukar sekuritas pada pasar saham public membutuhkan banyak catatan dari informasi yang berasal dari Securities and Exchange Commision (SEC), termasuk praktek kompensasi eksekutif yang mempunyai tanggung jawab untuk administrasi hukum sekuritas federal. Peraturan SEC digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, membuat informasi lebih mudah diakses oleh publik. Pada tahun 2009 SEC membuat perubahan yang signifikan yaitu dari sisi jumlah, nilai pensiun, tunjangan pensiun dan tunjangan pesangon. SEC memiliki aturan dengan dua tujuan, yaitu: mengklarifikasi presentasi dari pembayaran kompensasi pada CEO dan empat kompensasi tertinggi di perusahaan; untuk meningkatkan akuntabilitas dari dewan direksi perusahaan untuk kebijakan dan keputusan kompensasi eksekutif.
Say On Pay
Presiden Barrack Obama menandatangani Wall Street Reform and Consumer Protection Act of 2010 untuk meningkatkan transparansi praktek kompensasi eksekutif, yang disebut juga Dodd-Frank Act, dalam hal ini adanya kebutuhan perusahaan yang berdagang saham di pasar bulik untuk memenuhi tiga ketentuan utama, yaitu: pertama, say on pay yaitu memberikan pemegang saham perusahaan hak suara untuk ya atau tidak pada pengajuan kompensasi eksekutif, termasuk komponen saat ini atau yang ditangguhkan, termasuk persetujuan golden parachute setidaknya satu kali dalam tiga tahun; kedua, kebutuhan independensi untuk anggota komite kompensasi dan penasehat mereka seperti konsultan kompensasi dan penasihat hukum; ketiga membutuhkan perusahaan mengungkapkan keadaan di mana seorang eksekutif akan mendapat manfaat dari pengaturan parasut emas.
Kompensasi Eksekutif: Apakah U.S. Membayar Terlalu Banyak

Banyak koran menyebutkan bahwa pada umumnya eksekutif dibayar terlalu banyak, tentunya hal tersebut harus sesuai dengan informasi ini, yaitu: perbandingan antar kompensasi eksekutif dan kelompok pekerja lainnya; pertanyaan strategis: pembayaran berdasarkan kinerja?; pertimbangan etika: kompensasi eksekutif adil; dan kompetisi internasional.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Permisi mba. Saya putra, mahasiswa semester akhir sedang melakukan penelitian tentang kompensasi eksekutif. Saya sedang butuh informasi mengenai bentuk2 kompensasi eksekutif dll, persis seperti yang mba tulis diartikel diatas. Kalo boleh tau, referensi bukunya apa ya mba dan bisa didapat dimana? Terima kasih

Posting Komentar