Kamis, 29 Mei 2014

Analisa Stategic Planning dan Performance Management Account Officer di Bank Sahabat Sampoerna

BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Peranan  anggota dalam sebuah organisasi memiliki porsi yang krusial dalam menciptakan  keberhasilan tujuan organisasi, sama halnya dengan keberadaan karyawan dalam sebuah perusahaan yang sangat menentukan arah tujuan perusahaan. Sebuah hasil kerja akan tercapai tentunya dengan keunggulan utama yang dimunculkan dari peranan sumberdaya yang ada dalam perusahaan itu sendiri,  termasuk standar mutu yang telah ditetapkan. Hal ini dapat terlaksana dan berhasil dengan konsekuensi visi dan misi organisasi benar-benar dilakukan secara baik oleh sumberdaya yang kompeten.
Performance Management adalah suatu proses berkesinambungan pada pengidentifikasian, pengukuran dan pengembangan kinerja individu dan tim serta keselarasan kinerja tersebut dengan tujuan strategic perusahaan/organisasi (Aguins,2009). Pada umumnya, masing-masing Perusahaan memiliki setting goals yang berbeda. Arah pencapaian tujuan ini tertuang dalam visi dan misi melalui proses yang disebut strategic planning, Strategic planning memberikan arahan dan batasan mengenai apa yang harus dicapai oleh perusahaan dan bagaimana mencapainya.
Menurut Aguins (2011), bahwa performance management tidak memiliki peranan penting tanpa adanya strategic planning. Hal tersebut dikarenakan karena strategic planning menetapkan arah dan tujuan perusahaan yang mendorong langkah upaya tertentu yang akan berproses dalam performance management. Strategic Planning dapat dijadikan alat pedoman bagi karyawan dalam aktivitas hariannya karena mengidentifikasi perilaku dan hasil di kondisi nyata serta menjadi informasi kritikal dalam performance management system. Dengan adanya Strategic Planning maka keinginan Perusahaan dalam mencapai keberhasilan tujuannya lebih terstruktur dan mudah dalam penerapan visi misinya.
  
1.2  Profil Perusahaan
            PT. Bank Sahabat Sampoerna secara resmi berdiri pada tanggal 9 Mei 2012 serta merupakan bagian dari Sampoerna Financial Group dengan kantor pusat terletak di Gedung Sampoerna Strategic Square Jakarta. Sampoerna Financial Group merupakan salah satu dari lainnya Sampoerna Strategic Subsidiaries, yang terdiri dari ; PT. Sampoerna Agro Tbk, Samko Timber Limited, PT Buana Sakti, PT Sampoerna Padi, PT Sampoerna Bio Energi, PT Sampoerna Telekom,termasuk juga Organisasi Afiliasinya yakni Sampoerna Foundation.
            PT Bank Sahabat Sampoerna hadir dengan pelayanan perbankan seperti pada umumnya, sebagai bagian dari Group Sampoerna ,Bank Sahabat Sampoerna memiliki keuntungan atau kekuatan untuk memanfaatkan bisnis group perusahaan yaitu rantai bisnis group perusahaan. Sejak berdirinya Bank Sahabat Sampoerna, proses manajemen terpusat masih terus dikoordinasi untuk menetapkan beberapa line division sumber daya manusia yang nantinya akan mengisi posisi jabatan sesuai tanggung jawab kerjanya. Selama proses akuisi dan koordinasi Bank, beberapa aktifitas dilakukan diantaranya tim Human Capital mengadakan program rekruitmen karyawan melalui dua jalur,yakni; program recruitment MDP (management development program)yang merekrut fresh graduated untuk dididik values,on the job training selama 9 bulan;kemudian dengan pro hire karyawan dari Bank lain sesuai kebutuhan dan qualified.
            Tahun 2012 sejak diresmikannya Bank Sahabat Sampoerna, telah memiliki 7 cabang di Jakarta dan 2 cabang di Sumatera tepatnya Medan dan Pekanbaru, menginjak akhir tahun 2 cabang dibuka,diantaranya di kota Surabaya dan Palembang. Perusahaan terus bertumbuh dengan asset telah mencapai sekitar Rp1,2 Triliun per awal tahun 2013,hal ini secara langsung membutuhkan sumber daya yang tepat sesuai dengan corporate values untuk mengisi dan mencapai tujuan perusahaan, sesuai dengan pernyataan CEO (Bpk. Indra Supriadi) yang menyatakan “ Penerapan Budaya Kerja yang konsisten dari setiap individu di Sampoerna Financial Group merupakan suatu investasi dan pondasi keberadaan Sampoerna Financial Group jangka panjang. Perusahaan memiliki nilai-nilai Budaya,diantaranya : Iman dan Taqwa, persaudaraan, kerja-keras, kehati-hatian, kualitas, integritas.
Sebagai Bank umum, Bank Sahabat Sampoerna focus kepada segment Small business baik dari sisi asset maupun liabilities . Produk dan jasa perbankan Bank Sahabat Sampoerna pada umumnya sama dengan perbankan lainnya namun memiliki type sendiri,yakni : Produk Pendanaan(Giro,Tabungan,Deposito Berjangka); Produk Jasa(Inkaso,Kiriman Uang, Kliring); Produk Pinjaman(Modal kerja, Investasi, Konsumtif, Bank Garansi)


BAB II
PEMBAHASAN

  1. Jabatan yang akan dianalisa adalah salah satu jabatan dalam fungsi Marketing Credit di Sales and Distribution Department sebagai Account Officer. Area kerjanya adalah mengenal sifat market sesuai segmentasi Bank, melakukan penjualan produk Bank disertai proses kredit, maintenance nasabah sesuai ketentuan yang telah digariskan oleh manajemen.
Business Directorate
PT. BANK SAHABAT SAMPOERNA

 
















  1. Strategic plan (Mission, Vision, Value and Strategies) perusahaan maupun department, dapat diuraikan sebagai berikut.
Strategic Plan Perusahaan
Mission    : Memberdayakan masyarakat dengan memberikan kesempatan dan dukungan      agar berhasil di sektor usaha mikro kecil dan menengah.
Vission     : Menjadi institusi keuangan pilihan masyarakat dengan fokus pada sektor usaha mikro kecil dan menengah yang memberikan pelayanan yang amanah dan profesional.
Values     : Pertumbuhan berkelanjutan sebagai puncak tujuan  dengan didukung oleh 4 pilar value yakni; kerja keras, kehati-hatian, kualitas, integritas. Persaudaraan disertai iman dan taqwa dalam menjalankan aktifitas perusahaan.
                 Penerapan Corporate Values :
·         Meeting Regular
·         Doa Bersama, Ikrar Sahabat dan lagu penyemangat SFG
·         Potluck & Dana Taktis
·         Circle Time (informal sharing)
·         Sahabat Club (olah raga dan kesenian)
·         Serving Day (Kunjungan ke nasabah ikut proses bisnis)
·         Integrity Day (Acara peandatanganan komitmen oleh karyawan untuk melaksanakan integritas secara terus menerus di SFG)
·         Staff Outbound

Untuk dapat mengamalkan nilai-nilai perusahaan dalam keseharian kerja diperlukan perilaku-perilaku yang mampu mengarahkan tindakan kita ,perilaku-perilaku tersebut kemudian dirumuskan kedalam 6 perilaku sahabat diantaranya ; Ramah, Jujur, Selalu bisa, Proaktif, Mampu memberi solusi, Komunikasi Efektif.

GOALS
Goal Umum
            Menjadi lembaga keuangan pilihan masyarakat dengan 1 juta nasabah di tahun 2015 dengan NPL dibawah 2% serta menjadikan asset 10 T Rupiah.
Strategi : Penerapan values di tiap aktifitas Bank
Contoh  : Dalam melakukan penjualan produk Bank khususnya pinjaman kredit harus tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian plus edukasi kepada nasabah.

Strategic Plan Department
Department : Sales and Distribution
Mission : Memenuhi target keuntungan perusahaan dengan produk kita yang berkembang
Menyusul akan diterapkannya e-banking dan juga dengan fasilitas yang telah dimiliki sebelumnya diantaranya ATM dll.
Mendapatkan banyak debitur yang menggunakan fasilitas Bank merata diseluruh cabang Bank Sahabat Sampoerna dengan distribusi pencapaian target lending dan funding yang maksimal.
Menjaga NPL , RR, dan LDR tetap pada porsi yang aman dan menguntungkan.
Vission :  Sahabat Sampoerna melayani nasabah dengan value yang tinggi dan dengan brand yang makin bertumbuh kedepannya ,sehingga menjadi pilihan lembaga keuangan masyarakat.
Untuk mencapai itu semua, dalam departemen SnD distribusi pelaporan target, koordinasi  tim marketing , serta evaluasi harus tetap ditingkatkan perkembangannya. Account Officer sebagai pejuang lending tetap melaksanakan beberapa aktifitas dan pelaporan penjualan produk lending Bank sesuai Job description AO(terlampir), termasuk diantaranya;
·         pengisian DSAR ( Daily Sales Activity Report )
·         pengisian BPSL mingguan
·         pengisian Monitoring board
contoh : terlampir

0 komentar:

Posting Komentar