Rabu, 23 April 2014

Employee Relations Chapter 10 : Employee Relations Procedure

Chapter 10
Employee Relations Procedure


Prosedur, Apakah itu dan Mengapa Dibutuhkan???
Hasil prosedur tergantung pada hubungan pemerintah dan beberapa bagian situasi dan kondisi. Prosedur menyediakan konstitusi, susunan hukum dan aturan, dalam hubungan dengan pekerja yang harus diatur, namun juga terkait dengan mekanisme operasional harian yang digunakan untuk menangani konsidu yang terjadi.
Hawkins (1979) menyatakan prosedur yang disepakati dapat dilihat sebagai kode sukarela pembatasan perilaku mencakup pada penggunaan oleh pihak jika masing-masing, berpikir itu harus diingat, bahwa pihak yang mungkin telah menggunakan kekuatan ini dalam mencapai kesepakatan prosedural.
Marchington dan Wilkinson (1996) mengidentifikasi beberapa alasan mengapa pengimplementasian prosedur di ranah employee relations :
1)      Mengklarifikasi hubungan antara pekerja dan organisasi
2)      Harus fokus dalam konflik mekanisme kesepakatan dan menjadikannya solusi
3)      Menyediakan mekanisme resolusi konflik dengan mengidentifikasi pisisi atau orang yang memiliki tanggung jawab terkait isu yang sedang terjadi
4)      Melaksanakan lingkup keamanan dan menyediakan waktu yang menghindari situasi yang mulai menghangat.
5)      Menjamin karyawan diperlakukan secara konsisten dalam organisasi
6)      Cenderung mengarah pada catatan lebih memadai untuk menjaga formalitas prosedur
7)      Prosedur yang disepakati bersama mungkin menjadi keuntungan dalam atmosfer kerja dalam proses negosiasi

Diciplinary Procedures
Manajemen harus mengingat ekspektasi karyawan yang ingin diperlakukan adil. Karyawan akan menerima kondisi dimana mereka harus dihukum dan meski hukuman ini bisa berupa pemberhentian, mereka berharap proses dan hukumannya tetap adil.
Peran pendisiplin dsn prosedur butuh didesain untuk memungkinkan manajer memiliki efektivitas untuk mengejar peningkatan, dinama hukuman diberlakukan harus tepat dan sesuai standar, dan tentunya tetap adil.
Ø      Rules
Rules hendaknya menspesifikasi standar perilaku yang paling jelas yang diharapkan oleh karyawan, sehingga karyawan dan manajer mengetahui mana yang boleh dan mana yang tidak, dan resiko mesinterpretasi dapat ditekan.
Rules harus ditulis dan spesifik untuk organisasi, sesuai kondisi dan kebutuhan, dan idealnya menungkinkan karyawan untuk memahami dan menjalankan.
Ø      Prosedur
Ada prinsip dasar yang harus diikuti untuk tujuan keadilan yang dicapai. Prosedur ini merupakan kebutuhan minimum. Pinciple of natural justice :
ü      Diberitahu tentang keluhan terhadap Anda
ü      Memberikan kesempatan untuk menyatakan kasus sebelum pengambilan keputusan
ü      Mengingat hasil mendengarkan secara tertulis
ü      Menyediakan informasi hak banding
Panduan praktik terbaik juga menyarankan:
ü      Prosedur harus tertulis dan menspesifikasi siapa yang dituju
ü      Prosedur hendaknyamenjamin karyawan tidak diberhentikan di pelanggaran pertama
ü      Prosedur hendaknya menyediakan indikasi pelaksanaan yang mungkin dilakukan
ü      Prosedur hendaknya menspesifikasi sejelas mungkin anggota organisasi dengan wewenang untuk memberhentikan
ü      Tuduhan harus diinvestigasi dengan hati-hati sebelum mengambil langkah
ü      Prosedur diberlakukan untuk semua karyawan tanpa diskriminasi
Ø      Stages and Warning, Number and Type
Prosedur membutuhkan penyediaan hak banding dan secara umum hendaknya tidak mengaitkan orang yang berhubungan dengan pengambil keputusan, dan hal ini sulit bagi organisasi yang kecil ukurannya.
Ø      Records
Manajemen cenderung enggan untuk menghapus records dan biasanya yang terjadi adalah catatan tindakan dikeluarkan dari file pribadi dan direlokasi dalam file spesifik untuk tujuan tertentu.
Ø      Preparing for and Conducting The Hearing
Manajemen hendaknya memastikan bahwa karyawan mengetahui dan memahami prosedur disiplin dan hasil yang mungkin didapat, apabila ditemukan tuduhan atau komplain.

Prosedur Disiplin
Ketidakadilan atas dasar prosedural ada tiga alasan :
û       Tidak adanya prosedur disipliner
û       Adanya satu memadai, dibandingkan dengan saran dalam kode praktik
û       Mis-aplikasi dari prosedur
Apakah prosedur adil atau tidak, terkait dengan prinsip inti dari perilaku dengan alasan :
§  Menggunakan prosedur untuk membantu dan mendukung karyawan
§  Menginformasikan karyawan mengenai komplain melawan mereka
§  Membolehkan karyawan untuk didampingi dalam pertemuan disipliner
§  Memastikan bahwa pelaksanaan disipliner tidak dilakukan sampai fakta sebenernya didapat
§  Tidak pernah memberhentikan kayawan dalam pelanggaran pertamanya
§  Memberikan karyawan penjelasan tertulis mengenai pelaksanaan disiplin
§  Memberikan karyawan kesempatan untuk menyatakan
§  Kesepakatan dengan isu-isu yang menyeluruh dan segera mungkin diberlakukan
§  Berlaku konsisten

0 komentar:

Posting Komentar